PENENTUAN HARGA,PENAWARAN, DAN PERMINTAAN.  

Posted by taufik hidayat in

BAB I

PENDAHULUAN

A.  LatarBelakang

Makalah ini disusun guna memenuhi tugas mata kuliah Teori Organisasi Umum 2 (softskill), serta memenuhi salah satu nilai di mata kuliah ini. Semoga makalah ini dapat memberikan informasi bagi pembacanya, dan bermanfaat untuk materi yang akan kami bahas mengenai “Penentuan Harga Permintaan dan Penawaran”.
Tidak bisa dipungkiri bahwa perilaku masyarakat di jaman sekarang adalah perilaku masyarakat yang konsumtif terhadap barang apa saja. Maka dari itu  dalam kehidupan ekonomi produsen dan konsumen adalah suatu kesatuan yang sangat sulit untuk dipisahkan,kehidupan, konsumen berlomba-lomba untuk memperoleh penawaran yang setinggi-tingginya, sedangkan prodesen berusaha mendapatkan keuntungan yang besar, di sinilah muncul penentuan harga permintaan dan penawaran.

B. Perumusan masalah

Dalam makalah ini kita hendak membahas bagaimana pentingnya ilmu ekonomi dalam menentukan harga, baik dalam penawaran maupun jumlah permintaan khususnya masalah yang terjadi dalam kehidupan sehari-hari.
A. PENENTUAN HARGA
  1. Pengertian
  2. Tujuan Penetapan Harga
  3. Metode Penetapan Harga
B. PENAWARAN
  1. Pengertian
  2. Faktor
  3. Hukum Pnawaran
  4. Kurva Penawaran
  5. Kurva Pergeseran
C. PERMINTAAN
  1. Pengertian
  2. Faktor
  3. Macam-Macam Permintaan
  4. Hukum Permintaan
  5. Macam-Macam Permintaan
  6. Kurva Permintaan
  7. Pergeseran Kurva permintaan


BAB II

ISI 

A. PENENTUAN HARGA

1. Pengertian Harga

     Harga adalah suatu nilai tukar dari produk, barang maupun jasa yang dinyatakan dalam satuan moneter. Harga merupakan salah satu penentu keberhasilan suatu perusahaan karena harga menentukan seberapa besar keuntungan yang akan diperoleh perusahaan dari penjualan produknya baik berupa barang maupun jasa. Menetapkan harga terlalu tinggi akan menyebabkan penjualan akan menurun namun jika harga terlalu rendah akan mengurangi keuntungan yang akan di peroleh.
    Harga merupakan salah satu bagian yang sangat penting dalam pemasaran suatu produk karena harga adalah satu dari empat bauran pemasaran / marketing mix (4P = product, price, place, promotion / produk, harga, distribusi, promosi). Harga adalah suatu nilai tukar dari produk barang maupun jasa yang dinyatakan dalam satuan moneter.
    Harga merupakan salah satu penentu keberhasilan suatu perusahaan karena harga menentukan seberapa besar keuntungan yang akan diperoleh perusahaan dari penjualan produknya baik berupa barang maupun jasa.
   Menetapkan harga terlalu tinggi akan menyebabkan penjualan akan menurun, namun jika harga terlalu rendah akan mengurangi keuntungan yang dapat diperoleh organisasi perusahaan.

2. Tujuan Penetapan Harga
  1. Mendapatkan keuntungan sebesar-besarnya Dengan menetapkan harga yang kompetitif maka perusahaan akan mendulang untung yang optimal.
  2. Mempertahankan perusahaan Dari marjin keuntungan yang didapat perusahaan akan digunakan untuk biaya operasional perusahaan. Contoh : untuk gaji/upah karyawan, untuk bayar tagihan listrik, tagihan air bawah tanah, pembelian bahan baku, biaya transportasi, dan lain sebagainya.
  3. Menggapai ROI (Return on Investment) Perusahaan pasti menginginkan balik modal dari investasi yang ditanam pada perusahaan sehingga penetapan harga yang tepat akan mempercepat tercapainya modal kembali / roi.
  4. Menguasai Pangsa Pasar Dengan menetapkan harga rendah dibandingkan produk pesaing, dapat mengalihkan perhatian konsumen dari produk kompetitor yang ada di pasaran.
  5. Mempertahankan status quo Ketika perusahaan memiliki pasar tersendiri, maka perlu adanya pengaturan harga yang tepat agar dapat tetap mempertahankan pangsa pasar yang ada.

3. Cara / Teknik / Metode Penetapan Harga Produk

  1. Pendekatan Permintaan dan Penawaran (supply demand approach) Dari tingkat permintaan dan penawaran yang ada ditentukan harga keseimbangan (equilibrium price) dengan cara mencari harga yang mampu dibayar konsumen dan harga yang diterima produsen sehingga terbentuk jumlah yang diminta sama dengan jumlah yang ditawarkan.
  2. Pendekatan Biaya (cost oriented approach) Menentukan harga dengan cara menghitung biaya yang dikeluarkan produsen dengan tingkat keuntungan yang diinginkan baik dengan markup pricing dan break even analysis.
  3. Pendekatan Pasar (market approach) Merumuskan harga untuk produk yang dipasarkan dengan cara menghitung variabel-variabel yang mempengaruhi pasar dan harga seperti situasi dan kondisi politik, persaingan, sosial budaya, dan lain-lain.

B. PENAWARAN

1. Pengertian Penawaran

     Penawaran adalah jumlah barang atau komoditi yang akan diproduksi dan ditawarkan untuk dijual dalam rangka memenuhi kebutuhan masyarakat sosial dalam suatu pasar ekonomi.Pengertian lain dari penawaran adalah jumlah barang atau jasa yang tersedia dan dapat dijual oleh penjual pada berbagai tingkat harga, dan pada waktu tertentu.

2. Beberapa faktor yang mempengaruhi penawaran:

1.Harga barang itu sendiri.
Semakin tinggi harga barang maka jumlah penawaran akan meningkat. Harga tinggi merupakan daya tarik bagi produsen untuk memproduksi lebih banyak lagi dan juga daya tarik bagi produsen baru untuk masuk ke pasar. Sebaliknya, semakin rendah harga barang, maka produsen semakin enggan untuk berproduski sehingga jumlah penawaran akan menurun.

2.    Harga faktor produksi.
Naik atau turunnya harga faktor-faktor produksi akan mengakibatkan naik dan turunnya biaya produksi. Hal ini akan mempengaruhi penawaran suatu jenis barang.

3.    Tingkat produksi.
semakin tinggi tingkat teknologi yang diterapkan, semakin efisien pula perusahaan itu, atau dengan kata lain, biaya produksi dapat ditekan, dan pada akhirnya barang dan jasa yang ditawarkan pun akan bertambah.

4.    Ekspektasi/perkiraan
Apabila produsen memperkirakan kemungkinan peningkatan harga barang atau jasa, penurunan harga sumber-sumber produksi, juga peningkatan pendapatan konsumen, maka perkiraan produsen itu akan semakin meningkatkan besarnya penawaran kepada konsumen.


3. Hukum Penawaran

Jumlah barang yang ditawarkan akan meningkat apabila harga naik, dan akan berkurang jika harga turun, atau perubahan penawaran berbanding lurus dengan perubahan harga

4. Kurva Penawaran

Sesuai dengan hukum dari penawaran, dimana penawaran berbanding lurus dengan harga yang ditawarkan, maka berikut ini adalah contoh bentuk umum dari kurva penawaran yang normal


5. Pergeseran Kurva Penawaran
Perubahan pada faktor-faktor sebagaimana telah disebutkan di atas dapat menggeser kurva penawaran ke kiri maupun ke kanan. Kurva penawaran akan bergeser ke kiri apabila penawaran berkurang dan bergeser ke kanan apabila penawaran bertambah.


C. PERMINTAAN

1. Pengertian Permintaan

Permintaan (demand) adalah banyaknya jumlah barang atau jasa yang ingin dan mampu dibeli oleh konsumen, pada berbagai tingkat harga, dan pada waktu tertentu.
Pebgertian lain dari permintaan adalah jumlah barang atau komoditi yang diminta oleh pembeli untuk memenuhi kebutuhan masyarakat sosial dalam suatu pasar ekonomi.

2. Beberapa faktor yang mempengaruhi permintaan :

1.    Harga barang itu sendiri.
Hubungan antara harga barang dengan jumlah permintaan barang tersebut adalah negatif. Kenaikan harga akan direspon dengan penurunan permintaan barang, dan juga sebaliknya.

2.    Harga barang lain yang berkaitan.
Peningkatan harga barang substitusi akan mengakibatkan permintaan suatu barang tertentu akan meningkat, dan sebaliknya jika harga barang substitusi menurun, maka permintaan akan barang itu menurun.

3.    Tingkat pendapatan.
Apabila pendapatan masyarakat bertambah, maka tentu akan terjadi perubahan pola permintaan di pasar.

4.    Selera konsumen.
Apabila barang atau jasa itu sedang banyak disukai, maka permintaan barang atau jasa itu pun akan meningkat. Keadaan sebaliknya akan terjadi apabila barang atau jasa itu tidak disukai lagi oleh konsumen.

5.    Ekspektasi/perkiraan.
Apabila ia memperkirakan bahwa tingkat pendapatannya akan meningkat, maka jumlah permintaan pun akan cenderung meningkat. Sebaliknya, apabila ia memperkirakan bahwa tingkat pendapatannya akan menurun, maka jumlah permintaan pun akan cenderung menurun.

3. Macam-macam permintaan:

  1. permintaan efektif    : permintaan konsumen atau pembeli yang disertai dengan kemampuan membayar
  2. potensial potensial  : permintaan yang memiliki kemampuan untuk membeli, tetapi belum melaksanakan pembelian
  3. permintaan absurd  : permintaan yang tidak berdaya beli atau permintaan yang tidak disertai dengan kemampuan membayar
4. Hukum Permintaan

Jumlah barang atau jasa yang diminta akan bertambah jika harga turun dan akan berkurang jika harga naik pada periode tertentu perubahan permintaan berbanding terbalik dengan perubahan harga

5. Kurva Permintaan

Sesuai dengan hukum dari permintaan, dimana permintaan berbanding terbalik dengan harga yang ditawarkan, maka berikut ini adalah contoh bentuk umum dari kurva penawaran yang normal.
















6. Pergeseran Kurva Permintaan

Perubahan pada faktor-faktor sebagaimana telah disebutkan di atas dapat menggeser kurva permintaan ke kiri maupun ke kanan. Kurva penawaran akan bergeser ke kiri apabila permintaan berkurang dan bergeser ke kanan apabila permintaan bertambah.













BAB III

PENUTUP

A. KESIMPULAN

  Penentuan Harga, Penawaran serta Permintaan sangat diperlukan dalam perkembangan sistem ekonomi.Penentuan Harga bersumber pada penawaran dan permintaan.Penawaran bersumber pada kuantitas barang yang akan diproduksi dan ditawarkan untuk memenuhi kebutuhan masyarakat,sedangkan Permintaan bersumber pada kuantitas permintaan barang berdasarkan harga yang ditawarkan.

   Ilmu ekonomi ini tidak selalu bisa diterapkan disetiap Negara,banyak faktor-faktor yang mempengaruhi baik dalam penawaran maupun permintaan,diataranya harga,mutu barang,kebutuhan,gaya hidup, dsb. Pelajaran dari teori ini menjelaskan kepada mahasiswa bagaimana seharusnya menentukan harga,agar hukum penawaran dan permintaan dapat berjalan seimbang,sehingga terciptanya masyarakat yang paham ekonomi dan berkualitas.

B. SARAN
  1. Menentukan strategi penentuan harga sebaiknya perusahaan benar-benar sudah mengetahui dengan pasti apa yg jadi peluang, ancaman, kekuatan dan kelemahan perusahaan pada saat ini.
  2. Langah2 dalam menentukan strategi dan metode harga dilakukan dengan sebaik-baiknya.
  3. Tingkatkan dan pertahankan mutu dan pelayanan untuk kepuasan pelanggan.
Untuk memperkirakan bahwa dalam suatu pasar yg kompetitif, harga sebagai penyeimbang antara kualitas yang diminta oleh konsumen dan kuantitas yg ditawarkan oleh produsen, untuk menciptakan keseimbangan ekonomi antara harga dan kuantitas


sumber:

This entry was posted on Sabtu, 15 Juni 2013 at 14.12 and is filed under . You can follow any responses to this entry through the comments feed .

0 komentar

Posting Komentar